BAB II TINJAUAN PUSTAKA Tinjauan PustakaKomunikasiHarold D

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Tinjauan PustakaKomunikasiHarold D. Laswel salah satu peletak ilmu komunikasi mendefinisikan komunikasi ‘siapa mengatakan apa, kepada siapa, menggunakan saluran apa dan dengan dampak apa’. Definisi yang dikembangkan dari karyanya dalam bidang propaganda politik, seperti halnya Aristoteles, juga menekankan pada unsur pembicara pesan, dan khalayak, dan diperluas dengan melihat proses komunikasi yang menggunakan media (channel) dan memberikan dampak atau efek. Proses komunikasi dapat terjadi pada sejumlah level yang berbeda antar individu, antar kelompok sosial, di dalam masyarakat, atau antar masyarakat. Disiplin-disiplin akademik mengkaji aspek-aspek komunikasi pada berbagai level.

Sedanngkan menurut Wursanto (dalam Oktavia, 2016:241), komunikasi adalah proses kegiatan pengoperan/penyampaian warta/berita/informasi yang mengandung arti dari satu pihak (seseorang atau tempat) kepada pihak (seseorang atau tempat) lain dalam usaha mendapatkan saling pengertian.

Special Events
Special events merupakan aktivitas-aktivitas yang dirancang secara khusus dalam rangkaian program kehumasan. Kegiatan tersebut antara lain mengandung ciri-ciri sebagai berikut:
Menunjang kegiatan manajemen dalam pencapaian tujuan organisasi, menciptakan citra positif dan kepercayaan publik.

Membina hubungan harmonis antara organisasi dengan public (external dan internal).
Membangun proses komunikasi dua arah antara organisasi dengan publik.
Melayani keinginan publik, demi terwujudnya tujuan dan kebaikan bersama.

“Definisi menurut Goldblatt (dalam Matthews,2008) A special event is a unique moment in time celebrated with ceremony and ritual to satisfy specific needs. Sedangkan definisi special event menurut Bowdin, Allen & O’Toole (2006:14-15) adalah sebagai berikut:
Special events are defined as specific rituals, presentation, performances or celebrations that are conciously planned and created to mark special occasions or to achieve particular social, cultural, or corporate objectives. (Special event adalah suatu ritual istimewa, penunjukan, penampilan, atau perayaan yang pasti direncanakan dan dibuat untuk menandai acara-acara khusus atau untuk mencapai tujuan sosial, budaya atau tujuan bersama-sama).”
Tagline
Tagline menurut Rustan (dalam Setiani 2016: 30) “merupakan salah satu atribut dalam system identitas, berupa satu kata atau lebih yang lebih menggambarkan esensi, personality, maupun positioning brand. Eric Swartz seorang penulis dan ahli brand tagline mendefinisikan tagline sebagai susunan kata yang diringkas (biasanya tidak lebih dari 7 kata) diletakkan mendampingi logo dan mengandung pesan brand yang kuat di tujukkan kepada audiens tertentu. Taglne yang pada tahun 1861-1865 di Amerika disebut dengan istilah slogan, menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam periklanan. Selain slogan, tagline juga dikenal dengan istilah motto. Usia pemakaian tagline tidak selamanya. Seringkali tagline diganti menyesuaikan perkembangan pasar dan gaya hidup target audience-nya. Walaupun kelihatan simpel, tagline harus efektif karena turut berfungsi membentuk brand image di benak publik, dan bukan hanya sebagai tambahan atau pemanis.”
Menurut Kotler (dalam Sumantri, 2014: 21): “”Tagline merupakan bagian dari iklan yang bertujuan agar iklan tersebut mudah diingat oleh konsumen. Tagline dalam suatu promosi merek produk dan jasa memegang peranan penting.” Selain itu, menurut Jeffkins (2003:56), ” Tagline atau Strapline adalah baris kalimat penutup (the pay offline), dan ini dapat digunakan sebagai alat untuk menciptakan citra suatu perusahaan atau lembaga. Hal ini telah menjadi praktek yang umum mencantumkan Tagline dalam suatu Lembaga atau perusahaan.”
PersepsiMenurut Sarlito W. Sarwono (dalam Listyana ; Hartono, 2015: 121) “persepsi secara umum merupakan proses perolehan , penafsiran, pemilihan dan pengaturan informasi indrawi. Persepi berlangsung pada saat seseorang meniram stimulus dari dunia luar yang ditangkap oleh organ-organ bantunya yang kemudian masuk ke dalam otak. Persepsi merupakan proses pencarian informasi untuk dipahami yang menggunakan alat pengindraan.”
Menurut Robins (dalam Ramadhan, 2009: 7) menyatakan, “persepsi adalah suatu proses dimana individu mengorganisasikan dan menafsirkan kesan-kesan indera mereka untuk memberikan makna terhadap lingkungannya.”
Penelitian TerdahuluSkripsiTabel 2.1 Penelitian Terdahulu(Sumber: Olahan Penulis)
JudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumber
JudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumber
JudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumberJudulPenelitiLokasi/TahunVariabelTeknik Analisis Data Hasil PenelitianPerbedaanSumber