MAKALAH MODULASI ANALOG DAN SINYAL DIGITAL OLEH ROBBY ANGGARA 1415031115 PRAKARSA PUTRA LAKSANA1415031104 JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS LAMPUNG 2018 KATA PENGANTAR Puji syukur kehadiran Allah S

MAKALAH
MODULASI ANALOG DAN SINYAL DIGITAL
OLEH
ROBBY ANGGARA 1415031115
PRAKARSA PUTRA LAKSANA1415031104

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS LAMPUNG
2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadiran Allah S.W.T atas rahmatnya sehingga makalah ini dapat tersusun. Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

Dan harapan kami agar pembaca dapat memahami dan mengerti apa yang kami tulis dan dapat menabah ilmu dan pengetahuan
Karna kebatasan pengetahuan dan pengalaman, kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, oleh karna itu kami menghrapkan kritik dan saran dari pembaca agarmakalah ini dapat sempurna                                                                                     Bandar lampung, 12 April2018
DAFTAR ISI
Kata pengantar……………………………………………………………………………………………..

BAB I
Pendahuluan
Latar belakang………………………………………………………………………………………………

Batasan masalah……………………………………………………………………………………………

BAB II
Definisi modulasi analog………………………………………………………………………………..

Tujuan modulasi……………………………………………………………………………………………

Jenis-jenis modulasi analog…………………………………………………………………………….

Pengapilkasian modulasi analog……………………………………………………………………..

BAB III
PENUTUP

BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Pada era perkembangan teknologi komunikasi yang sangat maju,teknik modulasi sangat diperlukan untuk mempermudah pengerjaan telekomunikasi . Modulasi adalah suatu proses dimana properti atau parameter darisuatu gelombang divariasikan secara proporsional terhadap gelombang yang lain. Parameter yang diubah tergantung pada besarnya modulasi yang diberikan. Proses modulasi membutuhkan dua buah sinyal yaitu sinyal pemodulasi yangderupa dinyal informasi yang dikirim, dan sinyal carrier dimana sinyal informasi tersebut ditumpangkan. (Krauss, H.L, Raab, F.H. 1990). Modulasi dibagi menjadi yakni modulasi analog dan modulasi digital.
RUMUSAN MASALAH
Definisi Modulasi Analog
Tujuan Modulasi
Jenis-Jenis Modulasi
Contoh Aplikasi Yang Menggunakan Modulasi Analog
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.DEFINISI MODULASI ANALOG
Modulasi adalah suatu proses dimana properti atau parameter dari suatu gelombang divariasikan secara proporsional terhadap gelombang yang lain. Parameter yang diubah tergantung pada besarnya modulasi yang diberikan. Proses modulasi membutuhkan dua buah sinyal yaitu sinyal pemodulasi yang berupa dinyal informasi yang dikirim, dan sinyal carrier dimana sinyal informasi tersebut ditumpangkan. Modulasi analog merupakan proses modulasi berdasarkan sinyal informasi yang akan dimodulasikan .

GAMBAR 2.1
2.2.TUJUAN MODULASI
Tujuan modulasi antara lain adalah ;
Memudahkan pemacaran
Menekan interferensi
Untuk memudahkan pengaturan alokasi frequansi radio
Masalah perangkat keras jadi lebih mudah
Untuk multiplexing, proses penggabungan beberapa sinyal informasi untuk disalurkan secara bersama-sama melalui satu kanal transmisi
2.3.JENIS JENIS MODULASI ANALOG
1. Amplitude Modulation (AM)
Seperti Namanya, Amplitude Modulation (AM) Atau Modulasi Amplitudo Adalah Salah Satu Teknik Modulasi Yang Proses Pemodulasian Sinyal Frekuensi Rendah (Sinyal Informasi) Pada Frekuensi Tinggi Dengan Mengubah Amplitudo Gelombang Frekuensi Tinggi (Frekuensi Pembawa) Tanpa Mengubah Frekuensinya. Jadi Pada Modulasi Amplitudo Ini, Sinyal Pembawanya Berubah-ubah Secara Proporsional Terhadap Amplitudo Sinyal Pemodulasi Sedangkan Frekuensi Tetap Selama Proses Modulasi.

2. Frequency Modulation (FM)
Frequency Modulation (FM) Atau Modulasi Frekuensi Adalah Teknik Pengiriman Informasi Yang Berbentuk Frekuensi Rendah Dengan Cara Memodulasi Frekuensi Gelombang Pembawa Yang Berfrekuensi Tinggi. Jadi Pada Modulasi Frekuensi Ini, Sinyal Informasi Akan Mengubah Frekuensi Gelombang Pembawanya Sedangkan Amplitudonya Tetap Selama Proses Modulasi.

3. Phase Modulation (PM)
Yang Dimaksud Dengan Fasa Atau Phase Adalah Besar Sudut Dari Sinyal Analog Pada Saat Tertentu. Phase Modulation (PM) Atau Modulasi Fasa Merupakan Suatu Teknik Modulasi Yang Merepresentasikan Informasi Sebagai Variasi Fasa (Phase) Dari Sinyal Pembawanya. Pada Modulasi Fasa Ini, Sinyal Informasi Mengubah Fasa Gelombang Pembawanya Sedangkan Amplitudo Gelombang Pembawanya Tetap (Tidak Berubah). Teknik Modulasi Fasa Ini Jarang Digunakan Karena Memerlukan Perangkat Penerima Yang Lebih Kompleks.

GAMBAR 2.2
2.4.PENGAPLIKASIAN MODULASI ANALOG
Teknik Modulasi Sinyal Analog ini sudah banyak digunakan dalam dunia telekomunikasi, teknik modulasi demodulasi ini digunakan dalam mengolah sinyal dari transceiver dan receiver melalui berbagai media perantara. Pada umumnya modulasi ini sebelum digunakan dalam proses telekomunikasi ,teknik ini terlebih dahulu telah digunakan dalam penggunaan radio .dalam perkembangannya teknik modulasi ini telah berkembang pesat sehingga sekarang sudah digunakan dalam berbagai peralatan baik dalam bidang telekomunikasi, kontrol dan lainya.
BAB III
PENUTUP
3.1.KESIMPULAN
Modulasi sinyal analog merupakan teknik atau proses pada satu frekuensi tinggi ,dimana frekuensi tinggi itu di ubah ubah sesuai dnegan arus pembicaraan (atau sinyal semula yang dimasukan) jika modulasi sinyal analog maka sinyal yang dimodulasi kan berupa sinyal analog. Demodulasi analog merupakan suatu proses pada frekuensi tinggi bermodulasi untu mendapatkan kembali arus pembicaraan (sinyal masukan,sinyal analog). Frekuensi tinggi yang membawa sinyal informasi dari arus modulasi demodulasi dinamakan arus carrier.
3.2DAFTAR PUSTAKA

x

Hi!
I'm Ricky!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out